Langsung ke konten utama

33. PONDASI ITU ADALAH PENGASUHAN TEPAT DI USIA DINI

LEMBAGA PENGASUHAN SAHABAT TSAURA
10/03/2015
Perkembangan otak dan fisik anak usia dini itu detik demi detik. Cepat sekali dan terlihat sekali perubahannya.
Jutaan sel otak baru terbentuk.
Ribuan kosakata baru jadi koleksi.
Dari yg hanya tidur sampai kemudian merangkak hingga berlari.
Pendidikan n pengasuhan pada usia 0-8 thn ini bagian penting dari fase kehidupan anak selanjutnya.
Stimulasi yg tak tepat pada usia ini, akan membuat HUTANG PERKEMBANGAN pada tahapan perkemvangan berikutnya.
Kita sering abai pada tahapan ini. Kita anggap AH MASA KECIL INI, NANTI AJA KALO SD BARU SERIUS.
Ketidakseriusan ini terjadi di rumah dan sekolah.
Kita menstimulasi seadanya. Mengadakan pendidikan seadanya. Menyiapkan kurikulum sekedarnya.
Yayasan, dinas, orang tua lbh melihat sd kelas atas, smp dan sma. Kira baru habis2an ketika bicara prestasi n pelatihan2 utk guru pada usia atas, bukan usia bawah.
Padahal, ketika usia dini ini beres, maka tugas guru di tahapan berikutnya akan jauh lbh mudah.
Ketika usia dini mendapatkan stimulasi yg tepat, maka tahapan berikutnya guru akan mendaptkan anak yg matang, mandiri dan tidak merepotkan. Anak akan siap tinggal landas.
Pendidikan seharusnya keberlanjutan dari tahapan perkembangan.
Negara2 maju, telah lama fokus pada pendidikan n pengasuhan anak usia 0-8 thn ini. Serius sekali.
Sedangkan negara2 berkembang n terbelakang, masih fokus pada perguruan tinggi, sd kelas atas, smp dan sma.
Saatnya kita perlu lebh serius lagi membenahi pendidikan dan pengasuhan anak usia 0-8 tahun ini.
Sekedar berbagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15. Tentang Tim Penagak Disiplin Sekolah

Di beberapa sekolah ada Tim yang bertugas untuk menegakkan disiplin di lingkungan sekolah. Biasanya, tim ini dipilih oleh guru dari beberapa siswa yang memiliki kriteria tertentu. Bisa karena perilakunya yang baik, menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik dan lain sebagainya. Tugas dari tim ini bermacam-macam, masing-masing sekolah memiliki perbedaan. Ada yang bertugas mencatat kesalahan yang dilakukan siswa, menegur siswa yang masbuk dalam shalat, yang bermain-main dalam shalat,ada juga yang hanya tugasnya memotivasi anak lain atau menjadi model bagi anak lain. Disiplin bagi anak bukanlah perkara membalik telapak tangan. Displin bagi anak adalah proses jangka panjang yang dipengaruhi banyak faktor. Rumah, sekolah, lingkungan, teman dan banyak hal lain yang bisa mempengaruhi perilaku anak. Kalau sekarang, mungkin TV, gadget dan game perlu dimasukkan dalam hal yang mempengaruhi anak.Bahkan, benda-benda itu kadang lebih dominan dalam mempengaruhi perilaku anak dibandingkan orang t

97. Saatnya Kita Berbenah

Mengapa Masih Terjadi Kekerasan dalam Sekolah Saya menulis ini bukan ingin menunjuk dan menyalahkan pihak-pihak yang berada sebagai stake holder. Tapi ini murni agar kita bisa refleksi dan memperbaiki ini semua. Saya melihat, ada 4 hal yang harusnya menjadi perhatian. Pertama, msalah pola asuh Bahwa tak bisa dipungkiri, bahwa sudah sangat banyak yang penelitian yang menyimpulkan bahwa pola asuh sangat berhubungan dengan perilaku manusia. Anak yang diasuh dengan pengasuhan yang patut akan tumbuh dengan jiwa yang lebih sehat, sebaliknya dengan anak yamg diasuh dengan keras dan pengabaian memyebabkan anak lebih rapuh. Bisa cenderung pasif, bisa pula sangat agresif. Dan sayangnya, masalah utama ini belum menjadi perhatian serius kita. Hampir tak ada kurikulum kita yang menyiapkan anak untuk menjadi orang tua. Begitu juga di sekolah, tak banyak sekolah yang mengadakan parenting secara rutin. Kedua, masalah pengetahuan guru tentang ilmu anak, jiwa dan keguruan. Masih ada guru-gu

16. Rapor Deskripsi

Rapor deskripsi sebenarnya sudah mulai sejak 2006. Sejak diperlakukan kurikulum 2006 seharusnya rapor sudah dalam bentuk deskripsi. Namun, sedikit sekali sekolah yang menerapkan rapor deskripsi sejak tahun 2006. Banyak hal mengapa belum diterapkan. Salah satunya adalah kesulitan dalam membuatnya. Perlu energi ekstra dan pelatihan dan evaluasi yang terus menerus. Proses edit dari kepala sekolah atau wakil sekolah dalam hal tata bahasa dan kepatutan juga menjadi hal yang penting. Saya ingin berbagi mengenai rapor deskripsi yang telah kami lakukan di Sahabat Alam. Rapor deskripsi ini kami bikin sejak awal sekolah ini berdiri tahun 2010. Dan terus mengalami perbaikan setiap semester. Di tulisan ini saya akan berbagi sedikit tentang apa yang dilakukan di Sahabat ALam Palangka Raya. Tentu masih banyak juga kekurangan yang kami lakukan. Silahkan beri masukan tulisan ini. Selamat menikmati 1. Rapor harusnya menggambarkan secara gamblang bagaimana kondisi capaian anak. Jadi ketika orang t