LEMBAGA PENGASUHAN SAHABAT TSAURA
10/03/2015
Perkembangan otak dan fisik anak usia dini itu detik demi detik. Cepat sekali dan terlihat sekali perubahannya.
Jutaan sel otak baru terbentuk.
Ribuan kosakata baru jadi koleksi.
Dari yg hanya tidur sampai kemudian merangkak hingga berlari.
Pendidikan n pengasuhan pada usia 0-8 thn ini bagian penting dari fase kehidupan anak selanjutnya.
Stimulasi yg tak tepat pada usia ini, akan membuat HUTANG PERKEMBANGAN pada tahapan perkemvangan berikutnya.
Kita sering abai pada tahapan ini. Kita anggap AH MASA KECIL INI, NANTI AJA KALO SD BARU SERIUS.
Ketidakseriusan ini terjadi di rumah dan sekolah.
Kita menstimulasi seadanya. Mengadakan pendidikan seadanya. Menyiapkan kurikulum sekedarnya.
Yayasan, dinas, orang tua lbh melihat sd kelas atas, smp dan sma. Kira baru habis2an ketika bicara prestasi n pelatihan2 utk guru pada usia atas, bukan usia bawah.
Padahal, ketika usia dini ini beres, maka tugas guru di tahapan berikutnya akan jauh lbh mudah.
Ketika usia dini mendapatkan stimulasi yg tepat, maka tahapan berikutnya guru akan mendaptkan anak yg matang, mandiri dan tidak merepotkan. Anak akan siap tinggal landas.
Pendidikan seharusnya keberlanjutan dari tahapan perkembangan.
Negara2 maju, telah lama fokus pada pendidikan n pengasuhan anak usia 0-8 thn ini. Serius sekali.
Sedangkan negara2 berkembang n terbelakang, masih fokus pada perguruan tinggi, sd kelas atas, smp dan sma.
Saatnya kita perlu lebh serius lagi membenahi pendidikan dan pengasuhan anak usia 0-8 tahun ini.
Jutaan sel otak baru terbentuk.
Ribuan kosakata baru jadi koleksi.
Dari yg hanya tidur sampai kemudian merangkak hingga berlari.
Pendidikan n pengasuhan pada usia 0-8 thn ini bagian penting dari fase kehidupan anak selanjutnya.
Stimulasi yg tak tepat pada usia ini, akan membuat HUTANG PERKEMBANGAN pada tahapan perkemvangan berikutnya.
Kita sering abai pada tahapan ini. Kita anggap AH MASA KECIL INI, NANTI AJA KALO SD BARU SERIUS.
Ketidakseriusan ini terjadi di rumah dan sekolah.
Kita menstimulasi seadanya. Mengadakan pendidikan seadanya. Menyiapkan kurikulum sekedarnya.
Yayasan, dinas, orang tua lbh melihat sd kelas atas, smp dan sma. Kira baru habis2an ketika bicara prestasi n pelatihan2 utk guru pada usia atas, bukan usia bawah.
Padahal, ketika usia dini ini beres, maka tugas guru di tahapan berikutnya akan jauh lbh mudah.
Ketika usia dini mendapatkan stimulasi yg tepat, maka tahapan berikutnya guru akan mendaptkan anak yg matang, mandiri dan tidak merepotkan. Anak akan siap tinggal landas.
Pendidikan seharusnya keberlanjutan dari tahapan perkembangan.
Negara2 maju, telah lama fokus pada pendidikan n pengasuhan anak usia 0-8 thn ini. Serius sekali.
Sedangkan negara2 berkembang n terbelakang, masih fokus pada perguruan tinggi, sd kelas atas, smp dan sma.
Saatnya kita perlu lebh serius lagi membenahi pendidikan dan pengasuhan anak usia 0-8 tahun ini.
Sekedar berbagi
Komentar
Posting Komentar