Langsung ke konten utama

37. Bereskan di Hulu, bukan Hilirnya

@rizqitajuddin
LEMBAGA PENGASUHAN SAHABAT TSAURA

03/06/2015

Saya mendapatkan kiriman dari abang saya tentang pendidikan di Finladia. Berlembar-lembar halamannya. Banyak hal menarik yang saya dapat di tulisan itu. Banyak hal di luar mainstream yang dilakukan oleh Finlandia baik yang dilakukan oleh pemerintahnya ataupun oleh masyarakatnya. Jika di negara-negara lain, percaya bahwa besarnya anggaran pendidikan berbanding lurus dengan kualitas pendidikan, sebaliknya Finlandia. "Hanya" dengan 8% GDP (jauh di bawah USA yang mencapai 15%), mereka dapat mengelola pendidikannya menjadi 10 besar dunia. Bahkan beberapa kali mereka menjadi nomer wahid di bumi ini.
Ada hal yang sangat menggelitik saya dari isi artikel itu, yakni tentang bagaimana perguruan tinggi menyiapkan guru yang akan mengajar di sekolah-sekolah Finlandia. Calon guru TK harus kuliah 3 tahun tentang pedagogi. Guru sekolah dasar harus meneumpuh kuliah 5 tahun. Guru khusus yang mengajar matematika atau biologi menamatkan kuliah selama 6 tahun. Profesional yang hendak mengajar di vokasi juga wajib mengambil mata kuliah pedagogi.
Sepertinya ada kata kunci di semua perguruan tinggi yang menghasilkan guru atau dosen yang akan mengajar calon guru, yaitu adanya mata kuliah pedagogi yang cukup lama. Ya, guru sebenarnya adalah konselor bagi anak dan orang tua siswa. Guru dianggap lebih tahu tentang siswa dibandingkan orang tua lain yang tidak berprofesi sebagai guru. Jadi, jika guru tidak mempunyai pengetahuan tentang pedagogi yang mumpuni, bagaimana guru akan menjadi konselor yang baik ?
Pedagogi atau ilmu tentang anak ini mempelajari tentang tahapan perkembangan anak baik fisik maupun psikologisnya. Dengan belajar ini, guru diharapkan tahu apa yang terjadi pada tahapan perkembangan anak, perasaan anak dan pembelajaran apa yang penting bagi anak. Guru yang mengajar anak di sekolah tanpa bekal pedagogi yang mumpuni seperti berjalan di dalam gua pada malam hari. Tak tahu apa yang harsus diperbuat selain hanya menyampaikan materi yang ada di kurikulum. Dan itu yang terjadi di negeri kita tercinta.
Coba buka kurikulum PGSD atau PGPAUD, berapa SKS materi tentang tahapan perkembangan, psikologi anak, atau pedagogi. Tak lebih dari 10 SKS. Pertanyaan berikutnya adalah apakah juga diajarkan oleh orang-orang yang mengerti pedagogi yang terlibat langsung di sekolah ? Atau sekedar akademisi tanpa bekal pengalaman klinis ? Atau bahkan keduanyapun tidak ?
Membenahi pendidikan tak bisa hanya gonta ganti kurikulum atau bongkar pasang kurikulum tanpa ada pembenahan yang serius di hulunya, yakni di perguruan tinggi yang menghasilkan guru. Jika guru tak dibekali dengan ilmu tentang anak ini, sulit bagi guru untuk tahu apa yang perlu dilakukan untuk anak didiknya selain coba-coba, atau hanya menjalankan apa sudah ada. Maka tak heran jika di banyak sekolah masih ada perlakuan yang kurang tepat dari guru dalam mendidik siswa-siwanya. Beban PR yang banyak, ekspektasi guru yang melebihi tahapan perkemkbangan anak, pemberian pembelajaran yang tak sesuai dengan tahapan perkembangan anak atau bahkan hukuman-hukuman yang tak sesuai dengan kebutuhan anak.
Jika siswa yang akan lulus dari level SD-SMA ada tes standar untuk menentukan apakah hasil pendidikan yang ada pada anak sudah standar atau belum, apakah hal yang sama dilakukan di perguruan tinggi ? Apakah calon-calon guru itu sudah standar pengetahuannya dan pemahamannya tentang anak ?
Serius membenahi itu jika kita benahi pangkalnya bukan ujunhnya. Hulunya, bukan hilirnya. Dan hulu dari pendidikan adalah sekolah-sekolah yang menghasilkan guru itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15. Tentang Tim Penagak Disiplin Sekolah

Di beberapa sekolah ada Tim yang bertugas untuk menegakkan disiplin di lingkungan sekolah. Biasanya, tim ini dipilih oleh guru dari beberapa siswa yang memiliki kriteria tertentu. Bisa karena perilakunya yang baik, menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik dan lain sebagainya. Tugas dari tim ini bermacam-macam, masing-masing sekolah memiliki perbedaan. Ada yang bertugas mencatat kesalahan yang dilakukan siswa, menegur siswa yang masbuk dalam shalat, yang bermain-main dalam shalat,ada juga yang hanya tugasnya memotivasi anak lain atau menjadi model bagi anak lain. Disiplin bagi anak bukanlah perkara membalik telapak tangan. Displin bagi anak adalah proses jangka panjang yang dipengaruhi banyak faktor. Rumah, sekolah, lingkungan, teman dan banyak hal lain yang bisa mempengaruhi perilaku anak. Kalau sekarang, mungkin TV, gadget dan game perlu dimasukkan dalam hal yang mempengaruhi anak.Bahkan, benda-benda itu kadang lebih dominan dalam mempengaruhi perilaku anak dibandingkan orang t

97. Saatnya Kita Berbenah

Mengapa Masih Terjadi Kekerasan dalam Sekolah Saya menulis ini bukan ingin menunjuk dan menyalahkan pihak-pihak yang berada sebagai stake holder. Tapi ini murni agar kita bisa refleksi dan memperbaiki ini semua. Saya melihat, ada 4 hal yang harusnya menjadi perhatian. Pertama, msalah pola asuh Bahwa tak bisa dipungkiri, bahwa sudah sangat banyak yang penelitian yang menyimpulkan bahwa pola asuh sangat berhubungan dengan perilaku manusia. Anak yang diasuh dengan pengasuhan yang patut akan tumbuh dengan jiwa yang lebih sehat, sebaliknya dengan anak yamg diasuh dengan keras dan pengabaian memyebabkan anak lebih rapuh. Bisa cenderung pasif, bisa pula sangat agresif. Dan sayangnya, masalah utama ini belum menjadi perhatian serius kita. Hampir tak ada kurikulum kita yang menyiapkan anak untuk menjadi orang tua. Begitu juga di sekolah, tak banyak sekolah yang mengadakan parenting secara rutin. Kedua, masalah pengetahuan guru tentang ilmu anak, jiwa dan keguruan. Masih ada guru-gu

16. Rapor Deskripsi

Rapor deskripsi sebenarnya sudah mulai sejak 2006. Sejak diperlakukan kurikulum 2006 seharusnya rapor sudah dalam bentuk deskripsi. Namun, sedikit sekali sekolah yang menerapkan rapor deskripsi sejak tahun 2006. Banyak hal mengapa belum diterapkan. Salah satunya adalah kesulitan dalam membuatnya. Perlu energi ekstra dan pelatihan dan evaluasi yang terus menerus. Proses edit dari kepala sekolah atau wakil sekolah dalam hal tata bahasa dan kepatutan juga menjadi hal yang penting. Saya ingin berbagi mengenai rapor deskripsi yang telah kami lakukan di Sahabat Alam. Rapor deskripsi ini kami bikin sejak awal sekolah ini berdiri tahun 2010. Dan terus mengalami perbaikan setiap semester. Di tulisan ini saya akan berbagi sedikit tentang apa yang dilakukan di Sahabat ALam Palangka Raya. Tentu masih banyak juga kekurangan yang kami lakukan. Silahkan beri masukan tulisan ini. Selamat menikmati 1. Rapor harusnya menggambarkan secara gamblang bagaimana kondisi capaian anak. Jadi ketika orang t